Sesuai dengan judul, kali ini saya akan membahas tentang calon pengganti atau update tentang Honda PCX yang akan keluar di tahun 2021 (ketika artikel ini di publish motor ini belum ada di Indonesia). Honda PCX sendiri terakhir di rilis di Indonesia pada akhir tahun 2017 dan baru di distribusikan pada bulan Februari 2018. Sudah hampir tiga tahun Honda PCX lokal "begitu sebutan yang biasa di ucakpan" mengaspal di Indonesia. November ini beredar kabar dari Honda Motorcycles Europe bahwa Honda PCX mengalami update terbaru, apa saja perubahan yang dilakukan Honda terhadap scooternya ini, mari kita uraikan semuanya di bawah.
Pertama untuk bagian depan, calon PCX baru ini memiliki beberapa perubahan yang cukup signifikan, dari bentuk headlamp sendiri, PCX baru ini memiliki garis desain yang lebih tajam dan sporty, berbeda dengan generasi sebelumnya yang terlihat lebih elegant. dari klaster lampu sendiri untuk lampu utama sepertinya tidak ada perubahan signifikan, masih menggunkan 6 titik LED dengan urutan lampu : lampu dekat 4 titik di sini kiri dan kanan (2 kiri dan 2 kanan) sementara untuk lampu jauh berada di tengah dengan 2 titik LED. yang berbeda dari generasi sebelumnya ialah pada posisi lampu alis atas serta lampu sein yang memiliki desain baru yang lebih sporty. Perbedaan terakhir di bagian depan PCX ini ada di bagian windshild, dimana sekarang windshild nya terlihat sedikit lebih lebar dibandingan dengan PCX generasi sebelumnya.
Berikutnya ialah ban dan velg, PCX generasi baru ini disinyalir memiliki ukuran ban dan velg yang lebih besar dibandingan dengan generasi sebelumnya. untuk ban depan dari yang sebelumnya 100/80 R14, di model terbaru ini ban nya menjadi lebih lebar menjadi 110/70 R14. untuk ban belakang sendiri juga ada ada perubahan dari yang awalnya 120/70 R14, kini menjadi 130/70 R13. melihat dari gambarnya sepertinya ban belakang ini turun 1 inch sehingga tampak lebih gambot. Untuk velg sendiri lebar velg depan menjadi 2.75 dari yang sebelumnya 2.15, untuk velg belakang sendiri lebarnya tetap 3.50. Desain dari velg juga berubah dari yang awalnya 8 spoke biasa kini menjadi 5 spoke dengan desain seperti huruf y.
Di bagian bagasi, PCX yang baru ini menawarkan kapasitas bagasi yang lebih luas dari sebelumnya, PCX terbaru ini memiliki kapasitas bagasi 30.4 liter. Untuk power socket sendiri PCX terbaru ini sudah menyediakan port USB charging langsung, dibandingkan dengan PCX lama yang harus pakai USB car charger terlebih dahulu untuk bisa mengisi baterai smartphone kamu.
Dari sisi dapur pacu, PCX terbaru ini memberikan peningkatan tenaga di banding dengan PCX yang lama, dengan mesin terbaru esp+ 4 valve berpendingin cairan di perkirakan tenaga dan torsinya lebih besar di banding dengan PCX yang lama dengan mesin esp 2 valve nya. Untuk teknologi PCX terbaru ini juga disinyalir akan diberikan fitur HSTC (Honda Selectable Traction Control) atau bagasa umumnya traction control agar roda nya ga selip di jalan.
Speedometer juga mengalami perubahan pada PCX baru ini, panel speedometernya sendiri masih tetap seperti yang dulu tampilan layarnya yaitu LCD negative display beda di desainnya saja, untuk informasi yang ada di dalamnya terdiri dari penunjuk kecepatan, bahan bakar, odometer, trip meter, rata-rata konsumsi bahan bakar, dan jam digital. Untuk indikatornya sendiri terdiri dari sebelah kiri lampu jauh, sein kiri, indikator baterai, suhu mesin, dan lampu check engine. Sedangkan sebelah kanan terdiri dari lampu indikator keyless, traction control on/off, ABS, dan idling stop.
Untuk bagian belakang sendiri sepertinya PCX baru ini melakukan peningkatan terhadap sasis dan suspensi yang di PCX lama sempat di keluhkan oleh beberapa penggunanya, desain knalpot pun di PCX model terbaru ini memberikan desain yang lebih sporty, sesuai dengan desain keseluruhan dari PCX baru ini.
Terakhir di bagian stoplamp yang berubah, kali ini bentuk stoplamp PCX ini lebih menyerupai stoplamp kakak nya sendiri yaitu Honda Forza 250. Dengan detail dua strip atas dan bawah sebagai lampu stand by dan di tengah-tengahnya adalah stoplamp nya. Hal ini juga menguatkan kesan sporty dari PCX terbaru ini. Ini semua hanya merupakan terawangan yang di dapat dari sumber Honda di eropa, semoga AHM bisa mengeluarkan model terbaru ini ke Indonesia secepatnya dengan semua fitur unggulannya dan jangan lupa cakram belakangnya juga di bawa ya, soalnya itu merupakan nilai tambah dari PCX yang ada di indonesia.
Terima kasih sudah membaca tulisan saya, ciao...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar