Selasa, 29 Maret 2016

Review New Vario 110 eSP Advance


Sudah lama nampaknya tidak update blog lagi, kali ini saya akan coba mereview salah satu motor dari pabrikan honda yaitu vario 110 advance tahun 2015, Enjoy the review..

Sejarah Singkat

Honda vario merupakan salah satu nama produk motor matic dari AHM yang di posisikan diatas honda beat, pada awal kemunculannya honda vario ini di bekali mesin 110cc berpendingin cairan dengan mengunakan sistem bahan bakar karburator. Beberapa waktu setelah kemunculannya AHM kembali melahirkan vario baru dengan basis mesin yang sama namun dengan nama dan casing yang berbeda, lahirlah honda vario techno 110 yang pada awal kemunculannya merupakan salah satu pionir dari lahirnya sistem rem CBS di matic honda.

Honda vario diawal kemunculannya identik dengan matic yang besar bila dibandingkan dengan honda beat, namun setelah sekian lama honda hanya merubah-rubah striping (warna dan pola sticker) maka lahirlah new honda vario 110 fi yang berubah total dari pakem vario terdahulu yang besar, sekarang new vario ini tampak ramping seperti honda beat series, gen awal new vario ini juga menerapkan fitur baru yaitu remote answer back (bukan alarm) yang menurut saya agak useless kecuali hanya untuk pamer tentunya.. beberapa tahun kemudian honda kembali melakukan penyegaran terhadap new vario ini dengan mengganti mesinnya dengan mesin yang terbaru yaitu ESP engine, dalam ESP engine ini terdapat beberapa fitur yang bisa dibilang kekinian yaitu ACG Starter dan Idling Stop System.. *versi ISS dijual lebih mahal..

Desain






New vario kini tampil dengan bodi yang ramping namun tidak mengilangkan kesan tegas di tarikan bentuk bodinya, perubahan paling signifikan lainnya terdapat pada sektor lampu utama yang sudah mengadopsi teknologi lampu LED, kalau lihat lebih detail kamu pasti sulit menemukan dimana letak lampunya..

                            



Dari samping terlihat tarikan garis tajam dalam bodinya dari depan hingga ke belakang.                                                       
Dari belakang entah kenapa menurut saya desain stoplampnya kurang nyambung dengan desain tarikan garis dari depan hingga ke samping.


Desain speedometer terlihat jadul di tahun 2016 ini, come on honda kasih speedo digital kek kaya kakaknya.. Tapi cukup informatif dan mudah dipantau kok..

Fitur dan Spesifikasi

New vario ini dibekali mesin baru 110cc ESP berpendingin udara yang sama persis dengan beat series.. dalam keadaan standar motor ini telah dilengkapi pengereman Combi Brake dan ACG Starter yang membuat suara starter mesin senyap tidak beletak-beletak lagi waktu di starter. di varian tertinggi terdapat idling stop system untuk mematikan mesin secara otomatis ketika bertemu lampu merah atau macet yang menggaruskan kamu memberhentikan kendaraan, tujuannya tentu untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar ketika berkendara.

Yang membuat kecewa mungkin bagi sebagian kecil pengguna new vario ini adalah hilangnya fitur answer back system untuk pamer-pamer di muka umum (haha.. jangan ditiru) kecuali kamu memang lupa nyimpen motornya di mana, baru deh pencet tuh answer backnya. Kali ini answer back system hanya tersedia di varian idling stop.

Didepan dek terdapat dua buah tempat kecil, yang satu bisa buat menaruh minuman, yang satunya lagi entah buat apa karena volumenya kecil sekali, dibawahnya terdapat pengait barang model baru dengan penutup agar barang bawaan mengait dengan aman.

Lampu depan LED yang futuristik dengan daya hanya 2,2 watt per lampunya. nyala lampu cukup terang dan melebar di malam hari walau dengan daya lampu yang kecil. sayang kenapa tidak semuanya saja di pakaikan LED di seluruh lampunya..

Bagasi tidak terlalu besar (tidak muat helm di dalam), namun cukup untuk menaruh dua jas hujan di dalamnya


Driving Impressions

Dari ergonomi berkendara skutik ini tidak terlalu tinggi, bagi saya yang memiliki tinggi badan sekitar 165cm ketika naik motor ini kedua kaki menapak sempurna di permukaan tanah dan cenderung sedikit menekuk, sepertinya skutik ini cocok juga bagi perempuan karena tingginya tidak terlalu mengintimidasi ketika berkendara.

Joknya memiliki tekstur kasar namun empuk, sehingga nyaman untuk berkendara lama-lama..

Dengan mesin yang mempunyai tenaga 8,7 ps / 7500rpm. Tarikan motor ini putaran bawahnya lebih asik daripada putaran atasnya, ketika mencapai kecepatan 60km/h ke atas, tarikannya sedikit berkurang sehingga untuk mencapai top speed di butuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Topspeed motor ini bisa mencapai 100km/h dengan waktu yang agak lama tentunya.

Pengereman motor ini terbilang baik walau dengan cakram satu piston di depan dan rem tromol di belakang serta di bantu dengan rem CBS, membuat percaya diri hard breaking ketika membuntuti kendaraan di depan (jangan ditiru bila belum mahir ya)

Handing motor ini tergolong ringan dan mempunyai dimensi yang kecil sehingga cocok untuk selap-selip diantara kemacetan kota. Handing ditikungan motor ini cukup nurut diajak merebah, namun di kecepatan tinggi rebahannya menjadi kurang stabil, saran saya max kecepatan merebah ditikungan tajam 60km/h saja.

Konsumsi bahan bakar terbaik motor ini yang saya dapatkan adalah 70km/liter dengan rute luarkota. Dalam kota mungkin sekitar 40-50km/literan tergantung jalur yang dilalui.

Kelebihan
-Desain lampu LED
-Irit Bahan bakar
-Ban Bawaan tubeless

Kekurangan

-Tangki bahan bakar kecil
-Bagasi Kecil
-Minus Answer Back System di varian biasa
-Speedometer jadul

3 komentar:

Marissa mengatakan...

makasih banyak nih gan udah berbagi informasinya,,,ane jadi tahu beberapa kekurangan vario 110 fi

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat

deniiteza mengatakan...

Jadi Vario 110 vs Beat 110 mendingan beli yang mana nih kak?? Kan mirip tuh